Rabu, 22 Februari 2023

Strategi Pemasaran Buku

 Resume ke-20

Gelombang : 28

Tema : Pemasaran Buku

Narasumber : Agus Subardana, S.E., M.M.

Moderator : Purbanisa KS, S.Pd.

Hari, tanggal : Rabu, 22 Pebruari 2023


Moderator pertemuan ke-20 KBMN, Ibu Purbaniasita (Sita) mengawali acara dengan menyitir kalimat penyemangat dari Ali bin Abu Thalib RA, "Semua orang akan mati kecuali karyanya. Maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak."

Menulis adalah sebuah proses yang akan bermuara pada hasil karya berupa buku. Namun, setelah buku tercetak, bagaimana cara memasarkannya? Narasumber malam ini, Bapak Agus Subardana, S.E., M.M., akan berbagi ilmu tentang Strategi Pemasaran Buku

Jangan ngebut kalau naik sepeda motor

Dari Kota Jogja membawa buah Mengkudu

Terimakasih kepada Moderator

Izinkan saya menyampaikan Strategi Pemasaran Buku

 

Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama proses pembelajaran serta sarana  penyampaian informasi. Anak-anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca bermacam terbitan buku sejak usia dini.

Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.

Industri Penerbitan Buku , perlu  menerapkan strategi pemasaran supaya tetap hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal. Srategi Pemasaran merupakan hal penting bagi semua pelaku wirausaha dan intreprenur yang menjalankan bisnis.

Strategi pemasaran dan penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis-jenis buku yang di terbitkan dikelompokan menjadi katagori buku. Sebagai contoh, Penerbit ANDI Offset menerbitkan banyak katagori buku yaitu sebanyak 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).

Dari jenis katagori buku dilakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Kegiatan pemasaran buku umumnya berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis .  Sehingga umumnya strategi pemasaran buku dipengaruhi oleh faktor yang meliputi :

1. Faktor Mikro, yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.

2. Faktor Makro, yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.

Kedua faktor di atas yaitu Faktor Mikro dan Makro, dijalankan Penerbit ANDI Offset karena sudah termasuk Industri Penerbitan buku yang sudah mencapai 43 tahun dan telah menerbitkan  lebih dari 20.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi 32 katagori.

Dengan berdasarkan dua faktor di atas, Penerbit ANDI Offset menjalankan dua strategi yaitu Strategi Pemasaran Buku serangan Udara dan serangan Darat,

A. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara (Online )

a. Pemasaran buku secara Online

Selama pendemi Covid 19, dunia bisnis mau tidak mau harus mengikuti perkembangan era digital agar bisa survive. Selain itu juga harus mengikuti keinginan customer/konsumen. Dulu perusahaan memasang iklan dengan brosur dan baliho besar, sekarang iklan atau promosi jauh lebih mudah, dengan adanya teknologi internet pemasaran bisa dilakukan secara online (digital marketing), yaitu sebuah teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan media online atau internet.

Penerbit ANDI Offset menerapkan beberapa jenis digital marketing antara lain :

1. Content marketing

adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya.

2. Search Engine Marketing (SEM)

merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin pencari, Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.

3. Search Engine Optimization (SEO).

SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna internet untuk mengunjungi website Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian membeli produk yang kita tawarkan.

4. Social Media Marketing

memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan pemasaran. Kita bisa menerapkan social media marketing di beberapa platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya. Salah satu teknik promosi marketing online adalah dengan membuat pantun jualan. Pantun sebagai sarana promosi jualan online juga sangat ampuh untuk menarik perhatian calon konsumen. Apalagi, saat ini sebagian besar masyarakat sudah sangat akrab dengan media sosial sehingga pemasaran dapat dilakukan dengan lebih mudah, efektif dan efisien.

Contoh pantun Jualan di Media Sosial:

Di taman ada banyak kumbang

Di kali banyak buaya

Janganlah ragu ataupun bimbang

Toko online ini bisa dipercaya

 

Liburan ke pulau Bali

Jangan lupa datang ke pantai Dewata

Ayo beli di toko online kami

Barangnya cuma setengah harga

 

Kamu jadian sama si dia

Padahal aku sudah menyukaimu

Kita toko online terpercaya

Siap menjual barang paling bermutu

 

5. Email Marketing.

Strategi marketing ini menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.

6. Instant messaging

Ini merupakan trend komunikasi masa kini, di mana promosi bisa dilakukan dengan memanfaatkan penggunaan platform komunikasi instant seperti Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform messenger lainnya.

7. Influencer Marketing .

Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya. Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan atau ditawarkan oleh seorang influencer.

8. Video marketing

Untuk melengkapi strategi pemasaran digital,  pemanfaatan video menjadi salah satu media yang efektif untuk tujuan promosi dan pemasaran.

9. Chanel TV Youtube

Penerbit Andi Offset mempunyai Chanel TV Youtube bernama Chanel Youtube TV. ANDI AKADEMI.  Pemasaran melalui channel Youtube  juga dinilai sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di hp android. Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui layanan live streaming.

Penjualan dan promosi secara Online harus terus dilakukan secara proaktif, agar dapat :

a) Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial

b) Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada sehingga kesetiaan konsumen terjaga.

c) Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu

d) Menaikkan penjualan dan profit

e) Membandingkan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing

f) Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan

g) Mengubah tingkah laku, persepsi dan pendapat konsumen.

2.Pemasaran Buku Melalui Komunitas

Komunitas dapat dimanfaatkan untuk membangun relasi yang dapat digunakan untuk sarana promosi dan penjualan buku. Melalui komunitas penjualan akan lebih efektif dan efisien sehingga tingkat keberhasilan penjualan buku akan lebih tinggi. Kuncinya harus proaktif dalam membangun komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.

Contoh : Komunitas Arisan, Komunitas Guru, Pelajar, Mahasiswa dll

Sekedar informasi, Penerbit Andi dalam waktu dekat akan menyelenggarakan Lomba Bikin Film Pendek Bagi Pelajar Indonesia dengan hadiah menarik.

B. Strategi Pemasaran Buku Serangan Darat (Offline ).

Untuk menguasai pemasaran buku ke seluruh wilayah Indonesia, harus dilakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang di tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Penerbit Andi telah mempunya 43 cabang di kota besar mulai dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.

Strategi pemasaran buku serangan darat dikelompokkan berdasarkan target pasar yang dituju , antara lain :

1Toko Buku

Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka  kita perlu pemetaan jenis toko buku. Adatiga jenis toko buku yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional. Tiap jenis toko buku mempunyai sistem administrasi dan tempat yang berbeda.

Contoh toko buku modern yaitu Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books Store. Toko Modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya.

Adapun toko buku semi modern biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi penjualan per toko . Sedangakan Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya masih manual. Untuk itu saluran toko buku tersebut masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.

Strategi Promosi di toko buku modern ada berbagai macam cara, antara lain :

a) Memajang display buku, supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol

b) Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner, dll.

c) Mengadakan Bedah Buku, Talkshow dan potongan harga (discount) pada buku tertentu atau periode tertentu.

d) Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,  Program TAB, Program TAM , dll )

e) Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat dilakukan, kuncinya proaktif komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.

                  Display di toko buku

                         Discount

2.  Direct Selling / Kunjungan Langsung

Pemasaran Buku melalui Direct selling dipetakan berdasarkan jenis katagori buku dan  dibagi menjadi beberapa target pasar yaitu :-

-Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).

Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah-

 Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum

Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales), yang diberi tanggungjawab target sesuai maping areanya masing-masing dan bertugas melakukan kunjungan langsung ke tiap sekolah, kampus, dan ke perpustakaan sekolah, perpustakaan kampus, perpustakaan daerah, dll.

Dengan kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat terbangun hubungan yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll, sehingga hasil penjualan buku dapat meningkat. Kunjungan langsung oleh team marketing atau salesman ke sekolah atau kampus menawarkan langsung door to door.

3.  Menyelenggarakan Event-Event

Industri Penerbitan buku harus aktif dalam menyelenggarakan event-event  seperti Pameran buku, seminar, workshop, tryout, dan sebagainya sebagai sarana mempromosikan buku dan penjualan langsung.






4 komentar:

Writer's Block

Pentigraf Oleh: Yoyon Supriyono Diskusi mingguan sekitar masalah literasi di komunitas literasi Zamrud semakin ramai saja. Semu...