Senin, 20 Februari 2023

Menulis Buku Ajar

 Resume                 : ke-19

Gelombang            : 28

Tema                      : Menulis Buku Ajar

Narasumber            : Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd.

Moderator                : Mutmainah

Hari, tanggal            : Senin, 20 Pebruari 2023


“Menulis Buku Ajar” adalah tema pertemuan ke-19 KBMN 28 yang akan disampaikan oleh narasumber Ibu Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd, peraih penghargaan penulis buku terbaik 1 dari perpusnas tahun 2021 dengan tema Pendidikan Jarak Jauh. Beliau akan berbagi ilmu dan pengalaman menulis buku ajar sendiri didampingi moderator Ibu Mutmainah.

Mengenal Narasumber

Selain sebagai konselor dan penulis, beliau dipercaya menjadi asesor BAN PAUD Jatim sampai sekarang. Lulus cum laude prodi PAUD UNESA Surabaya dan melanjutkan studi di Universitas Negeri Malang untuk meraih gelar doktor Bimbingan dan Konseling. Aktif dalam organisasi ABKIN dan sebagai narasumber menulis buku.

Beberapa karyanya : Peran Guru dan Orangtua sebagai Pusat Sumber Belajar, Antologi Social Presence Kunci Sukses Distance Learning, Trik Menulis di Kala Sibuk, Model Bimbingan Online untuk Meningkatkan Social Presence Mahasiswa PJJ, Implementasi Sosial Presence dalam Bimbingan Online, dalam konteks Perspektif Komunikasi Personal, Interpersonal dan Impersonal, Literasiku dalam Bimbingan dan Konseling dan yang saat ini proses isbn penerbit Mayor berjudul: PRAKTIK KONSELING  (PADA FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI EFIKASI AKADEMIK SISWA)

Bisa dihubungi melalui : Surel: ieiezcla@gmail.com,

WA: 082226529305

FB: Mudafiatun Isriyah

IG: ieiez

Linkdn: Mudafiatun Isriyah

Youtube: ieiez isriyah

Materi

Yang pertama kita sebagai penulis buku adalah menguasai penguasaan ilmu, kemampuan berbahasa, dan paling penting adalah punya komitmen

1.    Bahan Ajar vs Buku Ajar

A.      Pengertian Bahan Ajar

1.    Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/dosen dan mahasiswa dalam kegiatan belajar-mengajar. Bahan ajar dapat berupa bahan tertulis atau pun tidak tertulis.

2.    Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak tertulis sehingga dapat tercipta lingkungan dan suasana yang memungkinkan peserta didik untuk belajar.

B.      Jenis Bahan Ajar

1.       Bahan Ajar Cetak : Buku Teks, Buku Referensi, dan Monograf, Bahan Ajar Mandiri (Modul, BAJJ),Panduan (Petunjuk, Pedoman), Atlas (Peta), Diagram, Poster, Brosur, Leaflet, Manual

2.       Bahan Ajar Non-cetak : Internet (Web Based Courses, e-learning),  CAI (Pembelajaran Berbantuan Komputer),  Slide, Video / TV, Audio / Radio.

Buku Ajar merupakan salah satu bentuk bahan ajar, adalah buku ilmiah berupa uraian materi pembelajaran yang disusun secara logis dan sistematis dengan bahasa yang lugas, digunakan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran (Pannen & Purwanto, 2001)

 

2.    Pentingnya Buku Ajar dalam pembelajaran

a.    Guru lebih banyak waktu untuk memberi bimbingan kepada siswa/mahasiswa

b.    Siswa dapat belajar sekalipun tidak ada guru

c.     Siswa dapat belajar kapan dan di mana saja

d.    Siswa tidak terlalu tergantung kepada guru sebagai satu-satunya sumber informasi

e.    Siswa bisa belajar dengan kecepatan masing-masing sesuai dengan potensi

Buku ajar wajib diwujudkan oleh seorang guru yang memiliki kepentingan untuk memenuhi kebutuhan dalam mengajar yakni dengan menyusun sendiri buku ajar sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. Karena Syarat minimal terjadinya pembelajaran adalah mahasiswa/siswa – Materi – Guru/Dosen

Apa Keuntungan Buku Ajar bagi Guru/Dosen?

1. Promosi & Kenaikan Pangkat

2. Mendapatkan insentif

3. Finansial-Royalti

4. Eksistensi diri

5. Media Ekspresi

6. Branding Personal dan Institusi

7. Penguatan Keilmuan; dll. Eksistensi diri

Guru adala sebagai agen Aktivitas Pembelajaran

 

3.    Buku Ajar dan Buku Hasil Penelitian/Hasil Pemikiran

Guru adalah sebagai Peneliti dan Pembelajar. Pengalaman dan Kurikulum sebagai pegangan kita dalam menulis buku ajar. Guru membuat RPS/Silabus. Desain pembeljaran sbg langkah awal untuk memulai semua mata pelajaran yang didesain itu sama dengan outline calon buku kita yang akan menghasilkan buku ajar, Buku modul dan diktat.

Seorang guru juga sebagai peneliti maka akan menghasilkan buku referensi, monograf, artikel ilmiah, ini merupakan bahan untuk menjadi buku.

JENIS-JENIS BUKU AJAR

1. BUKU AJAR, 2. BUKU MODUL, 3. DIKTAT, 4. PETUNJUK PRAKTIKUM, 5. NASKAH TUTORIAL

Jika buku hasil penelitian/pemikiran antara lain menghasilkan: 1. BUKU REFERENSI, 2. MONOGRAF

Nah ini yg saya buat buku yang lalu sehingga sampai mendapatkan penghargaan terbaik 1 perpusnas dengan tema Pendidikan Jarak Jauh.

Buku ini hasil penelitian mjd buku referensi saya sajikan mjd sebuah buku yg didalamnya terdapat syarat dg materi yg dibutuhkan oleh guru BK. Ini namanya buku bernovelty

Bagaimana dengan BUKU AJAR  VS BUKU TEKS?

Buku Ajar pada umumnya:

1. Ditulis dan dirancang untuk digunakan siswa/mhs.

2. Menjelaskan tujuan pembelajaran.

3. Disusun berdasarkan pola belajar yang fleksibel.

4. Strukturnya berdasarkan kompetensi yang akan dicapai.

5. Ada pemberian kesempatan latihan bagi mahasiswa.

6. Selalu memberikan rangkuman.

7. Kepadatan berdasarkan kebutuhan mahasiswa

8. Dikemas untuk digunakan dalam pembelajaran.

9. Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa.

10.Mencantumkan petunjuk penggunaan buku ajar.

Buku Teks pada umumnya:

1. Ditulis terutama untuk digunakan dosen atau pembaca umum, dipasarkan secara luas.

2. Tidak selalu menjelaskan tujuan pembelajaran.

3. Disusun secara linier.

4. Strukturnya berdasarkan logika bidang ilmu (content).

5. Belum tentu memberikan latihan bagi mahasiswa.

6. Belum tentu ada rangkuman.

7. Materi buku teks sangat  

8. Dikemas untuk dijual secara umum.

9.Tidak ada mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari pemakai.

10.Tidak memberikan petunjuk cara mempelajarinya.

4. CARA PENYUSUNAN BUKU AJAR

1. Penataan Informasi (compilation text)

Guru/Dosen melakukan kompilasi bahan dari berbagai sumber yang telah beredar di pasaran berdasarkan RPS yang telah disusun

2. Pengemasan Kembali (information repackaging)

Guru/Dosen melakukan pengemasan kembali dari sumber-sumber yang telah ada disesuaikan dengan kebutuhan kompetensi yang ingin dicapai dalah RPS

3. Menulis Sendiri (starting from scratch)

Guru/Dosen menulis sendiri berdasarkan kepakarannya berdasarkan RPS mata kuliah yang diampu

Ada istilah: PROSEDUR KOMPILASI

Kumpulkan seluruh buku, artikel jurnal ilmiah, dan sumber acuan lain yang digunakan dalam mata pelajaran seperti yang tercantum dalam daftar pustaka di RPS.

Tentukan bagian-bagian buku, artikel jurnal ilmiah, dan bagian dari sumber acuan lain yang digunakan per Bahan Kajian sesuai dengan RPS.

Fotokopi seluruh bagian dari sumber yang digunakan per Bahan Kajian sesuai dengan RPS.

Pilahlah hasil fotocopy tersebut berdasarkan urutan Bahan Kajian yang sesuai dengan RPS.

Buatlah/tulislah halaman penyekat bahan untuk setiap Bahan Kajian/BAB.

Bahan-bahan yang sudah dilengkapi dengan halaman penyekat untuk setiap Bahan Kajian kemudian dijilid rapi (selanjutnya dicopy untuk dibagi kepada mahasiswa).

Buatlah/tulislah pedoman guru/dosen dan pedoman siswa/mahasiswa untuk mendampingi bahan yang sudah dikompilasi tersebut.

PROSEDUR PENGEMASAN KEMBALI INFORMASI

Informasi yang sudah ada di pasaran dikumpulkan berdasarkan kebutuhan (RPS + RTM) Informasi tersebut disusun kembali/ditulis ulang dengan gaya bahasa dan strategi yang sesuai untuk menjadi buku ajar (digubah), kemudian ditambahkan:

Kemampuan/kompetensi yang akan dicapai.

Petunjuk belajar bagi mahasiswa.

Latihan.

Ringkasan.

Umpan balik.

Evaluasi formatif.

PERTIMBANGAN PENULISAN BUKU AJAR OLEH GURU/DOSEN (MENULIS SENDIRI) ????

·  Guru merupakan pakar dalam bidangnya (menguasai bidang ilmu).

·  Guru mempunyai kemampuan menulis.

·  Guru memahami kebutuhan mahasiswa dalam bidang ilmu yang dibinanya.

·  Guru memiliki kemampuan mendesain pembelajaran

Guru adalah pakar bagi dirinya sendiri, skill ini sebenarnya tidak bisa tertandingi oleh profesi pekerjaan lainnya.

5. PRINSIP-PRINSIP PEMILIHAN MATERI BUKU AJAR

1. Prinsip RELEVANSI

Materi pembelajaran hendaknya ada hubungannya dan memberikan kontribusi bagi upaya pencapaian capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Misalnya, jika kemampuan yang diharapkan dikuasai mahasiswa berupa menghafal fakta, maka materi pembelajaran yang diajarkan harus berupa fakta.

2. Prinsip KONSISTENSI/KEAJEGAN

Materi pembelajaran harus konsisten dengan kemampuan akhir yang ingin dicapai, baik dari segi jumlah materi maupun dari taksonominya. Jika kemampuan akhir yang harus dikuasai mahasiswa empat macam, maka materi buku ajar yang harus dikembangkan juga harus meliputi empat macam

3. Prinsip KECUKUPAN

Materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu mahasiswa menguasai kemampuan akhir yang diharapkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Sebaliknya, jika terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk mempelajarinya.

SISTEMATIKA BUKU AJAR

Biasanya tergantung dari penerbit juga ya, tetapi kita sbg seorang guru juga memiliki kesiapan unt menata outline buku kita sendiri yaitu:

BAB 1 Pendahuluan

Penyajian

Penutup

Daftar Pustaka

Senarai (glossary)

Tinjauan Mata Pelajaran : Prakata 

 Petunjuk Penggunaan Buku Ajar bagi Mahasiswa

 Identitas Mata Kuliah

 Deskripsi Singkat Isi Buku Ajar

 Kegunaan Mata Kuliah bagi Mahasiswa

 Capaian Pembelajaran Mata kuliah

2. BAB I

Kemampuan Akhir

Indikator

Pendahuluan, terdiri dari:

֍ Deskripsi singkat berupa gambaran umum tentang cakupan bab tersebut. 

֍ Relevansi antara bab tersebut dengan pengalaman yang telah dimiliki mahasiswa atau manfaat bagi mahasiswa.

Penyajian:    

֍ Uraian atau penjelasan materi (sesuai dengan jenis materi) dan diikuti dengan contoh-contoh.

֍ Ilustrasi yang sesuai dengan uraian materi.

֍ Tugas dan Latihan yang dilakukan mhs setelah membaca uraian materi.

֍ Rangkuman/ringkasan dari konsep atau prinsip yang dibahas.

Penutup, terdiri dari:  

 ֍ Penilaian, konsisten dengan rumusan indikator dan Kemampuan Akhir.

֍ Umpan balik, untuk dapat menilai sendiri hasil belajarnya (kunci  jawaban tes).

֍ Tindak lanjut.

diperlukan juga: DAFTAR PUSTAKA

SENARAI, berupa daftar istilah teknis yang dianggap penting dan perlu dijelaskan.

DAFTAR INDEX (jika diperlukan).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Writer's Block

Pentigraf Oleh: Yoyon Supriyono Diskusi mingguan sekitar masalah literasi di komunitas literasi Zamrud semakin ramai saja. Semu...