Resume : ke-19
Gelombang : 28
Tema : Menulis Buku Ajar
Narasumber : Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd.
Moderator : Mutmainah
Hari, tanggal : Senin, 20 Pebruari 2023
“Menulis Buku Ajar” adalah tema pertemuan ke-19 KBMN 28 yang akan
disampaikan oleh narasumber Ibu Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd, peraih penghargaan penulis buku terbaik 1
dari perpusnas tahun 2021 dengan tema Pendidikan Jarak Jauh. Beliau akan
berbagi ilmu dan pengalaman menulis buku ajar sendiri didampingi moderator Ibu
Mutmainah.
Mengenal Narasumber
Selain sebagai konselor dan penulis, beliau dipercaya menjadi asesor BAN
PAUD Jatim sampai sekarang. Lulus cum laude prodi PAUD UNESA Surabaya dan
melanjutkan studi di Universitas Negeri Malang untuk meraih gelar doktor
Bimbingan dan Konseling. Aktif dalam organisasi ABKIN dan sebagai narasumber
menulis buku.
Beberapa karyanya : Peran Guru dan Orangtua sebagai Pusat Sumber Belajar,
Antologi Social Presence Kunci Sukses Distance Learning, Trik Menulis di Kala
Sibuk, Model Bimbingan Online untuk Meningkatkan Social Presence Mahasiswa PJJ,
Implementasi Sosial Presence dalam Bimbingan Online, dalam konteks Perspektif
Komunikasi Personal, Interpersonal dan Impersonal, Literasiku dalam Bimbingan
dan Konseling dan yang saat ini proses isbn penerbit Mayor berjudul: PRAKTIK
KONSELING (PADA FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI EFIKASI
AKADEMIK SISWA)
Bisa dihubungi
melalui : Surel: ieiezcla@gmail.com,
WA: 082226529305
FB: Mudafiatun Isriyah
IG: ieiez
Linkdn: Mudafiatun Isriyah
Youtube: ieiez isriyah
Materi
Yang pertama kita
sebagai penulis buku adalah menguasai penguasaan ilmu, kemampuan berbahasa, dan
paling penting adalah punya komitmen
1.
Bahan Ajar vs Buku Ajar
A.
Pengertian
Bahan Ajar
1.
Bahan
ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/dosen dan
mahasiswa dalam kegiatan belajar-mengajar. Bahan ajar dapat berupa bahan
tertulis atau pun tidak tertulis.
2.
Bahan
ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis
maupun tidak tertulis sehingga dapat tercipta lingkungan dan suasana yang
memungkinkan peserta didik untuk belajar.
B.
Jenis
Bahan Ajar
1.
Bahan
Ajar Cetak : Buku Teks, Buku Referensi, dan Monograf, Bahan Ajar Mandiri
(Modul, BAJJ),Panduan (Petunjuk, Pedoman), Atlas (Peta), Diagram, Poster,
Brosur, Leaflet, Manual
2.
Bahan
Ajar Non-cetak : Internet (Web Based Courses, e-learning), CAI (Pembelajaran Berbantuan Komputer), Slide, Video / TV, Audio / Radio.
Buku Ajar
merupakan salah satu bentuk bahan ajar, adalah buku ilmiah berupa uraian materi
pembelajaran yang disusun secara logis dan sistematis dengan bahasa yang lugas,
digunakan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran (Pannen & Purwanto, 2001)
2.
Pentingnya Buku Ajar dalam pembelajaran
a.
Guru
lebih banyak waktu untuk memberi bimbingan kepada siswa/mahasiswa
b.
Siswa
dapat belajar sekalipun tidak ada guru
c.
Siswa
dapat belajar kapan dan di mana saja
d.
Siswa
tidak terlalu tergantung kepada guru sebagai satu-satunya sumber informasi
e.
Siswa
bisa belajar dengan kecepatan masing-masing sesuai dengan potensi
Buku ajar wajib
diwujudkan oleh seorang guru yang memiliki kepentingan untuk memenuhi kebutuhan
dalam mengajar yakni dengan menyusun sendiri buku ajar sesuai dengan mata
pelajaran yang diampu. Karena Syarat minimal terjadinya pembelajaran adalah
mahasiswa/siswa – Materi – Guru/Dosen
Apa Keuntungan
Buku Ajar bagi Guru/Dosen?
1. Promosi & Kenaikan Pangkat
2. Mendapatkan insentif
3. Finansial-Royalti
4. Eksistensi diri
5. Media Ekspresi
6. Branding Personal dan
Institusi
7. Penguatan Keilmuan; dll.
Eksistensi diri
Guru adala sebagai agen
Aktivitas Pembelajaran
3.
Buku
Ajar dan Buku Hasil Penelitian/Hasil Pemikiran
Guru adalah
sebagai Peneliti dan Pembelajar. Pengalaman dan Kurikulum sebagai pegangan kita
dalam menulis buku ajar. Guru membuat RPS/Silabus. Desain pembeljaran sbg
langkah awal untuk memulai semua mata pelajaran yang didesain itu sama dengan
outline calon buku kita yang akan menghasilkan buku ajar, Buku modul dan diktat.
Seorang guru juga
sebagai peneliti maka akan menghasilkan buku referensi, monograf, artikel
ilmiah, ini merupakan bahan untuk menjadi buku.
JENIS-JENIS BUKU
AJAR
1. BUKU AJAR, 2.
BUKU MODUL, 3. DIKTAT, 4. PETUNJUK PRAKTIKUM, 5. NASKAH TUTORIAL
Jika buku hasil
penelitian/pemikiran antara lain menghasilkan: 1. BUKU REFERENSI, 2. MONOGRAF
Nah ini yg saya
buat buku yang lalu sehingga sampai mendapatkan penghargaan terbaik 1 perpusnas
dengan tema Pendidikan Jarak Jauh.
Buku ini hasil
penelitian mjd buku referensi saya sajikan mjd sebuah buku yg didalamnya
terdapat syarat dg materi yg dibutuhkan oleh guru BK. Ini namanya buku
bernovelty
Bagaimana dengan
BUKU AJAR VS BUKU TEKS?
Buku Ajar pada
umumnya:
1. Ditulis dan
dirancang untuk digunakan siswa/mhs.
2. Menjelaskan
tujuan pembelajaran.
3. Disusun
berdasarkan pola belajar yang fleksibel.
4. Strukturnya
berdasarkan kompetensi yang akan dicapai.
5. Ada pemberian
kesempatan latihan bagi mahasiswa.
6. Selalu
memberikan rangkuman.
7. Kepadatan
berdasarkan kebutuhan mahasiswa
8. Dikemas untuk
digunakan dalam pembelajaran.
9. Mempunyai
mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa.
10.Mencantumkan
petunjuk penggunaan buku ajar.
Buku Teks pada
umumnya:
1. Ditulis
terutama untuk digunakan dosen atau pembaca umum, dipasarkan secara luas.
2. Tidak selalu
menjelaskan tujuan pembelajaran.
3. Disusun secara
linier.
4. Strukturnya
berdasarkan logika bidang ilmu (content).
5. Belum tentu
memberikan latihan bagi mahasiswa.
6. Belum tentu
ada rangkuman.
7. Materi buku
teks sangat
8. Dikemas untuk
dijual secara umum.
9.Tidak ada
mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari pemakai.
10.Tidak
memberikan petunjuk cara mempelajarinya.
4. CARA PENYUSUNAN BUKU AJAR
1. Penataan
Informasi (compilation text)
Guru/Dosen
melakukan kompilasi bahan dari berbagai sumber yang telah beredar di pasaran
berdasarkan RPS yang telah disusun
2. Pengemasan Kembali
(information repackaging)
Guru/Dosen
melakukan pengemasan kembali dari sumber-sumber yang telah ada disesuaikan
dengan kebutuhan kompetensi yang ingin dicapai dalah RPS
3. Menulis
Sendiri (starting from scratch)
Guru/Dosen
menulis sendiri berdasarkan kepakarannya berdasarkan RPS mata kuliah yang
diampu
Ada istilah:
PROSEDUR KOMPILASI
Kumpulkan seluruh
buku, artikel jurnal ilmiah, dan sumber acuan lain yang digunakan dalam mata
pelajaran seperti yang tercantum dalam daftar pustaka di RPS.
Tentukan
bagian-bagian buku, artikel jurnal ilmiah, dan bagian dari sumber acuan lain
yang digunakan per Bahan Kajian sesuai dengan RPS.
Fotokopi seluruh
bagian dari sumber yang digunakan per Bahan Kajian sesuai dengan RPS.
Pilahlah hasil
fotocopy tersebut berdasarkan urutan Bahan Kajian yang sesuai dengan RPS.
Buatlah/tulislah
halaman penyekat bahan untuk setiap Bahan Kajian/BAB.
Bahan-bahan yang
sudah dilengkapi dengan halaman penyekat untuk setiap Bahan Kajian kemudian
dijilid rapi (selanjutnya dicopy untuk dibagi kepada mahasiswa).
Buatlah/tulislah
pedoman guru/dosen dan pedoman siswa/mahasiswa untuk mendampingi bahan yang
sudah dikompilasi tersebut.
PROSEDUR
PENGEMASAN KEMBALI INFORMASI
Informasi yang
sudah ada di pasaran dikumpulkan berdasarkan kebutuhan (RPS + RTM) Informasi
tersebut disusun kembali/ditulis ulang dengan gaya bahasa dan strategi yang
sesuai untuk menjadi buku ajar (digubah), kemudian ditambahkan:
Kemampuan/kompetensi
yang akan dicapai.
Petunjuk belajar
bagi mahasiswa.
Latihan.
Ringkasan.
Umpan balik.
Evaluasi
formatif.
PERTIMBANGAN
PENULISAN BUKU AJAR OLEH GURU/DOSEN (MENULIS SENDIRI) ????
· Guru merupakan pakar dalam bidangnya
(menguasai bidang ilmu).
· Guru mempunyai kemampuan menulis.
· Guru memahami kebutuhan mahasiswa dalam
bidang ilmu yang dibinanya.
· Guru memiliki kemampuan mendesain
pembelajaran
Guru adalah pakar
bagi dirinya sendiri, skill ini sebenarnya tidak bisa tertandingi oleh profesi
pekerjaan lainnya.
5. PRINSIP-PRINSIP PEMILIHAN MATERI BUKU AJAR
1. Prinsip
RELEVANSI
Materi
pembelajaran hendaknya ada hubungannya dan memberikan kontribusi bagi upaya
pencapaian capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Misalnya, jika
kemampuan yang diharapkan dikuasai mahasiswa berupa menghafal fakta, maka
materi pembelajaran yang diajarkan harus berupa fakta.
2. Prinsip
KONSISTENSI/KEAJEGAN
Materi
pembelajaran harus konsisten dengan kemampuan akhir yang ingin dicapai, baik
dari segi jumlah materi maupun dari taksonominya. Jika kemampuan akhir yang
harus dikuasai mahasiswa empat macam, maka materi buku ajar yang harus
dikembangkan juga harus meliputi empat macam
3. Prinsip
KECUKUPAN
Materi yang
diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu mahasiswa menguasai kemampuan
akhir yang diharapkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh
terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai capaian
pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Sebaliknya, jika terlalu banyak
akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk mempelajarinya.
SISTEMATIKA BUKU
AJAR
Biasanya
tergantung dari penerbit juga ya, tetapi kita sbg seorang guru juga memiliki
kesiapan unt menata outline buku kita sendiri yaitu:
BAB 1 Pendahuluan
Penyajian
Penutup
Daftar Pustaka
Senarai
(glossary)
Tinjauan Mata
Pelajaran : Prakata
Petunjuk Penggunaan Buku Ajar bagi Mahasiswa
Identitas Mata Kuliah
Deskripsi Singkat Isi Buku Ajar
Kegunaan Mata Kuliah bagi Mahasiswa
Capaian Pembelajaran Mata kuliah
2. BAB I
Kemampuan Akhir
Indikator
Pendahuluan,
terdiri dari:
֍ Deskripsi
singkat berupa gambaran umum tentang cakupan bab tersebut.
֍ Relevansi
antara bab tersebut dengan pengalaman yang telah dimiliki mahasiswa atau
manfaat bagi mahasiswa.
Penyajian:
֍ Uraian atau
penjelasan materi (sesuai dengan jenis materi) dan diikuti dengan
contoh-contoh.
֍ Ilustrasi yang
sesuai dengan uraian materi.
֍ Tugas dan Latihan
yang dilakukan mhs setelah membaca uraian materi.
֍
Rangkuman/ringkasan dari konsep atau prinsip yang dibahas.
Penutup, terdiri
dari:
֍ Penilaian, konsisten dengan rumusan
indikator dan Kemampuan Akhir.
֍ Umpan balik,
untuk dapat menilai sendiri hasil belajarnya (kunci jawaban tes).
֍ Tindak lanjut.
diperlukan juga:
DAFTAR PUSTAKA
SENARAI, berupa
daftar istilah teknis yang dianggap penting dan perlu dijelaskan.
DAFTAR INDEX
(jika diperlukan).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar