Senin, 06 Maret 2023

Poin Buku Pada Kenaikan Pangkat PNS

 Resume ke 25

KBMN Gelombang : 28

Tema                        : Poin Buku Pada Kenaikan Pangkat PNS

Nara sumber            : Dr. Imron Rosidi, M.Pd.

Moderator                : Yandri Novita

Hari, tanggal            : Senin, 6 Maret 2023


Pertemuan KBMN ke 25 disampaikan oleh Bapak Dr. Imron Rosidi, M.Pd. dengan mengusung tema Poin Buku Pada Kenaikan Pangkat PNS. Ibu Yandri Novita Sari, S.Pd akan memandu beliau sebagai moderator.

Dr. Imron Rosidi, M.Pd. memiliki segudang prestasi. Lulusan D-III Bahasa Inggris IKIP Surabaya ini terpilih sebagai penerima Penghargaan Satya Lencana Pendidikan dari Presiden Susilo Bambang Yudyono (SBY) tahun 2011. Selain itu beliau juga Mendapatkan penghargaan dari Intel Education Award dan Platinum Indonesia.

Beliau juga berprofesi sebagai dosen Pascasarjana Uniara STKIP Pasuruan dan kampus Dalwa Bangil karena kecintaannya di bidang menulis Pak Imron dipercaya menjadi wakil dalam Pertukaran Tokoh Masyarakat Indonesia dengan Amerika Tahun 2006 dan menjadi wakil kalangan guru yang terbang ke Amerika. Tidak hanya Amerika,  lelaki kelahiran kelahiran Surabaya tanggal 10 Juni 1966 ini juga terbang ke Sydney dan Melbourne tahun 2011, beliau dipercaya mewakil Indonesia karena beliau mendapat Predikat Guru Berprestasi Tingkat Nasional.

Karyanya antara lain "Menulis Siapa Takut", “Bergerilya Menjadi Penulis” dan juga penulis buku pelajaran, buku pendidikan dan buku umum dari penerbit UM Press, Kanisius dan lainnya. Beliau juga menjabat sebagai Kepala Sekolah SMAN 1 Bangil mengantarkan beliau meraih gelar Doktor dan beliau juga masuk  sebagai 10 penulis buku nonfiksi yang mendapat apresiasi dari Gubernur Jatim. 

Penulisan buku utk Keneikan Pangkat, berdasarkan peraturan s.d Juni 23 dibutuhkan tiga hal penting yaitu :

1.       1. Pengembangan Diri/PD

2.      2.  Publikasi Ilmiah/PI

3.       3. Karya Inovatif /KI

 

Salah satu jenis PI dan KI adalah penulisan buku. Untuk PI bisa berbentuk buku di bidang pendidikan, buku terjemahan, buku hasil mengubah dr laporan penelitian kita. Sementara itu, di KI bisa berupa buku kumpulan puisi, buku kumpulan cerpen, dan buku novel. Sayangnya, ketika saya menilai buku2 yang diajukan untuk KP, saya sering menemukan buku antologi puisi yang ditulis keroyokan. Setiap guru hanya menulis satu atau lebih puisi, ini tidak bisa dinilai. Untuk kumpulan puisi, hanya yang menulis minimal 20 puisi yg bisa dinilai. Untuk kumpulan cerpen, minimal satu guru menulis 5 cerpen bisa dinilai.

 

Karya Inovatif (Lampiran  Permenpan  No: PER/16/M.PAN-RB/11/2009 , 10 November 2009)

terdiri dari :

1.    Menemukan teknologi tepat guna

2.    Pembuat/me- modifikasi alat pelajaran/peraga/praktikum

3.    Mengikuti pengembangan penyusunan standar, pedoman, soal, dan sejenisnaya pada tingkat nasional

4.    Menemukan/ menciptakan  karya seni

Buku untuk kenaikan pangkat :

a.    Buku Publikasi Ilmiah :

· Buku Hasil Penelitian (Mengubah laporan penelitian dalam bentuk buku);

· Buku Pelajaran (Ber-ISBN Lengkap);

· Buku Pengayaan (Modul/Diktat, Buku Pendidikan, Karya Terjemahan);

· Buku Pedoman Guru.

b. Buku Karya Inovatif :

a.    Buku Kumpulan Puisi,

20 puisi atau lebih katagori sederhana

Lebih dari 40 puisi katagori kompleks

b.    Buku Kumpulan Cerpen,

5 Cerpen atau lebih katagori sederhana

Lebih dari 10 cerpen katagori kompleks

c.     Buku Novel

Satu novel katagori sederhana

Dua novel katagori kompleks

 

Angka Kredit Buku

1.    Buku Hasil Penelitian

Berupa buku yang diterbitkan ber-ISBN dan diedarkan secara nasional atau ada pengakuan dari BSNP              AK 4

2.    Buku Teks Pelajaran

Buku berisi buku pengetahuan untuk bidang ilmu atau mata pelajaran tertentu dan diperuntukkan bagi peserta didik pada suatu jenjang pendidikan tertentu. (BSNP   AK 6     ber-ISBN  AK  3   tdk ber-ISBN  AK 1)

3.    Modul dan Diklat

Ø Modul bertujuan agar siswa dapat belajar sendiri

Ø Diktat bertujuan mempermudah/memperkaya materi matapelajaran/ bidang studi yang disampaikan olehguru

Ø Minimal dibuat per semesterBisa dibuat per tahun

§  Di tingkat provinsi                            AK  1,5

§  Di tingkat kota/kab.                        AK 1

§  Di tingkat sekolah                            AK 0,5

 

4.    Buku Bidang Pendidikan

Buku dalam Bidang Pendidikan merupakan buku yang berisi pengetahuan terkait dengan bidang kependidikan.

§  Buku yang dicetak dan diterbitkan ber-ISBN                                        AK 3

§  Buku yang dicetak dan diterbitkan tetapi belum ber-ISBN             AK 1,5

 

5.    Karya Terjemahan

Karya terjemahan adalah tulisan yang dihasilkan dari penerjemahan buku pelajaran atau buku dalam bidang pendidikan dari bahasa asing atau bahasa daerah ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya dari Bahasa Indonesia ke bahasa asing atau bahasa daerah yang akan digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Menunjang Pembelajaran AK 1

6.    Buku Pedoman Guru

a.    Buku Pedoman Guru adalah buku tulisan guru yang berisi rencana kerja tahunan guru

b.    Buku pedoman guru disajikan dalam bentuk makalah, diketik dan dijilid

c.     Hanya boleh 1 setiap pengajuan

d.    AK   1,5

 

7.    Buku Karya Inovatif

a.    Satu buah buku novel, naskah drama/film, atau buku cerita bergambar (komik) yang diterbitkan,dan ber-ISBN.

b.    Buku kumpulan cerpen minimal 5 cerpen atau buku kumpulan puisi minimal 20 puisi diterbitkan, dan ber-ISBN.

c.     Satuan kliping minimal 5 cerpen atau kliping minimal 20 puisi yang dimuat di media masa yang ber-ISSN.

 

Cara Mengubah Laporan Penelitian menjadi buku ber-ISBN

Mengubah Laporan Penelitian menjadi buku ada beberapa hal yang harus diperhatikan, terutama dalam menyusun sistematika penulisan.

SISTEMATIKA PTK

1.    BAB I PENDAHULUAN

2.    BAB II KAJIAN TEORI DAN KAJIAN PUSTAKA

3.    BAB III METODE PENELITIAN

4.    BAB IV HASIL PENELITIAN

5.    BAB V PENUTUP

 

SISTEMATIKA BUKU

BAB I PENDAHULUAN (DITULIS DARI BAB 1 DAN 2)

A.      Latar Belakang Masalah dan Tujuan Kajian

B.      Tinjauan Pustaka

C.      Kerangka Teori

                1. Teori A

                2. Teori B dst

BAB II PENDEKATAN KAJIAN (DI TULIS DARI BAB III LAP PENELITIAN)

A.      Lokasi Penelitian

B.      Subjek dan Informan Penelitian

C.      Pendekatan KajianTeknik

D.       Analisis Data

 

BAB III GAMBARAN UMUM SISWA KELAS II TEKNIK KONSTRUKSI BANGUNAN SMK 7 SEMARANG (DARI BAB IV)

A. Kondisi Sosial Ekonomi Siswa

B. Prestasi Akademik Siswa 

C. Prestasi Non Akademik                            

BAB IV PENGGUNAAN CD INTERAKTIF DAN PENINGKATAN PARTISIPASI BELAJAR AUTOCARD (DARI BAB IHasil Siklus I dan analisisnya

                B. Hasil Siklus II dan analisisnya

BAB V PENUTUP

                Uraikan simpulan dan saran



1 komentar:

  1. sangat lengap kak, bisa mampir di blog saya https://hasturahagi.blogspot.com/

    BalasHapus

Writer's Block

Pentigraf Oleh: Yoyon Supriyono Diskusi mingguan sekitar masalah literasi di komunitas literasi Zamrud semakin ramai saja. Semu...